Sakit Pinggang Sebelah Kanan, Apa Penyebabnya ?

Sakit pinggang sebelah kanan merupakan suatu kondisi yang sering terjadi pada orang dewasa yang aktif bekerja. Sakit pinggang kanan yang dirasakan pada tiap-tiap orang akan bervariasi, ada yang bersifat ringan dan ada juga yang parah. Kondisi nyeri pinggang sebelah kanan yang parah tentunya akan menimbulkan rasa nyeri yang tidak tertahankan, bahkan dapat sangat mengganggu hingga menghambat aktivitas sehari-hari. Hampir semua orang pernah mengalami keluhan sakit pada pinggang kanan.


Meskipun nyeri pinggang bukanlah suatu penyakit yang membahayakan, akan tetapi keluhan ini dapat mengindikasikan adanya penyakit lain yang mungkin lebih serius. Untuk mengetahui keadaan yang sebenarnya, sebaiknya mengunjungi dokter untuk memeriksakan kondisi, sehingga dapat diketahui apa yang menjadi penyebab pinggan kanan sakit. Dengan mengetahui apa yang menjadi penyebab, maka dokter dapat melakukan tindakan penanganan dengan tepat.

Penyebab sakit pinggang kanan

Banyak hal yang dapat menyebabkan pinggan kanan terasa sakit. Kondisi yang berhubungan dengan rasa nyeri biasanya karena adanya ketegangan pada otot, tetapi tidak menutup kemungkinan rasa nyeri yang dialami merupakan kondisi yang dapat disebabkan karena kondisi medis yang serius.

Beberapa penyebab sakit pinggan kanan antara lain:


  • Otot bagian lumbal sebelah kanan menegang sebagai akibat dari gerakan yang tiba-tiba dilakukan atau ketika mengangkat barang dengan beban yang terlalu berat.
  • Kekurangan cairan di dalam tubuh juga beresiko mengalami sakit otot,tidak hanya di bagian punggung saja,karena air di dalam tubuh sangat penting untuk membantu meregenerasi sel sel yang rusak
  • Penyempitan pada bagian tulang belakang karena menderita arthritis akibat proses penuaan. Nyeri pada pinggang akan semakin parah ketika melakukan aktivitas dan umumnya akan mereda setelah beristirahat.
  • Gangguan pada organ ginjal kanan atau terinfeksi juga terkait secara otomatis dengan sakit pinggan kanan.
  • Tekanan pada saraf siatik yang merupakan saraf paling panjang pada bagian panggul belakang.
  • Trauma pada otot punggung yang terjadi ketika otot punggung keseleo sehingga menjadi kaku. Hal ini dapat menyebabkan kram otot yang muncul secara mendadak.
  • Gangguan pada kandung empedu ketika mengalami peradangan atau kram dapat menyebabkan rasa sakit yang menjalar hingga kebagian pinggang sebelah kanan, bahkan bisa naik sampai ke bahu. Selain kandung empedu, batu empedu juga dapat menyebabkan nyeri pinggang sebelah kanan. Batu empedu merupakan kondisi medis yang memerlukan perawatan medis secepatnya, terutama ketika nyeri pinggang ini muncul bersamaan dengan nyeri di bagian perut disertai dengan mual dan muntah.
  • Gangguan mekanis pada bagian tulang belakang yang mempengaruhi struktur dan fungsi.
  • Kesalahan posisi tubuh saat membungkuk ketika hendak mengangkat barang.
  • Memakai sepatu high heels yang berpengaruh pada lengkungan pinggang. Pada kondisi normal, pinggang memang agak melengkung ke depan, ketika lengkungan ini terjadi secara berlebihan maka akan menyebabkan nyeri pada bagian pinggang.
  • Penggunaan alas tidur maupun alas kepala yang tidak tepat.
  • Jarang berolahraga yang mengakibatkan otot-otot persendian menjadi kaku.

Apapun penyebab pinggang sisi kanan terasa sakit, sebaiknya tetaplah memeriksakan diri ke pihak medis, agar dapat diketahui adanya indikasi penyakit yang lebih serius. Pinggang memiliki peranan yang cukup penting sebagai penunjang tubuh melakukan aktivitas. Jika pinggang kanan yang terasa nyeri diabaikan, maka akan semakin memperburuk kondisi.Lebih baik mencegah,supaya anda bisa terhindar dari penyakit yang tidak di inginkan.SEMOGA BERMANFAAT.


EmoticonEmoticon